Ini Sosok Jean Batten yang muncul di halaman Google
Posted by Indra B on 15th September 2016
| 233 views

Garutorg – Hari ini tepatnya tanggal 15 September 2016 halaman Google memperlihatkan gambar sesosok wanita yang duduk di sayap sebuah pesawat.

Ia seseorang penerbang wanita berkebangsaan Selandia Baru. Bernama Jean Gardner Batten lahir di  Rotorua, 15 September 1909. Jean Batten merupakan wanita pertama yang memecahkan rekor penerbangan sendirian dari benua yang berbeda. Tepatnya dari Benua Eropa menuju Benua Australia, atau lebih tepatnya dari negara Inggris menuju ke Selandia Baru dengan akumulasi wakti sekitar 11 hari  lebih 45 menit pada tahun 1936.

Berkat keahliannya tersebut Jean Batten dikenang hingga sekarang, bahkan Google Doodle menampilkan gambar dihalaman utama Google.

Jean Batten muncul di Google Doodle
Gambar Jean Batten muncul di Google Doodle

Namun tepatnya di tanggal 22 November 1982 ia meninggal akibat di Palma de Mallorca, Spanyol akibat terinfeksi gigitan anjing.

Keinginan terbesar untuk menjadi pilot sebenarnya sudah ia inginkan saat usia muda. pada tahun 1932 Ia mengambil lisensi pribadi dan komersial. 4 tahun sebelum memecahkan rekor.

Namun bukan hanya rekor pada tahun 1936, beberapa tahun sebelumnya ia juga sempat memecahkan beberapa rekor seperti pada tahun 1934 penerbangan Inggris – Australia dengan waktu 14 hari 22 jam 30 menit. Selanjutnya ditahun 1935 mendapatkan 2 rekor yakni yang pertama penerbangan Australia – Inggris dalam waktu 17 hari 15 jam hal tersebut membuat ia menjadi wanita pertama yang membuat penerbangan kembali. Lalu penerbangan  Inggris – Brasil dengan waktu 61 jam 15 menit yang membuat Jean Batten menjadi wanita pertama yang menerbangkan pesawat dari Inggris ke Amerika Selatan.