Ladislao José Biro Si Penemu Pulpen Modern
Posted by Andri on 29th September 2016
| 730 views

László Bíró Si Penemu Pulpen Modern - garutorg

Garutorg – Tahukah kamu apa arti google doodle hari ini. Google doodle hari ini khusus dibuat untuk seseorang yang mempunyai peranan penting di dunia alat tulis. Siapa lagi kalo bukan penemu pulpen modern yaitu László József Bíró atau yang lebih dikenal Laszlo Biro. 29 september merupakan tanggal lahir beliau, tepatnya ditahun 1899 dan beliau lahir di Kota Budapest Hungaria.

Ladislao José Biro Si Penemu Bolpoin

Pada awalnya ketika dia berprofesi sebagai wartawan di Hungaria dia memperhatikan bahwa tinta yang biasa digunakan sebagai percetakan di surat kabarnya cepat mengering pada kertas sehingga dia berinisiatif untuk mencoba tinta tersebut pada sebuah pulpen. Namun hasil nya tidak sesuai apa yang dia inginkan karena tinta tersebut terlalu kental dan tidak dapat mengalir ke bawah pulpen tersebut.

Setelah melakukan beberapa percobaan dengan saudaranya George, pada akhirnya Ladislao José Biro mempunyai konsep atau ide dengan memanfaatkan prinsip sebuah bola. Bola kecil tersebut diletakan diujung bagian paling bawah pulpen dan akan bergerak bebas sesuai tekanan yang diberikan. Lalu bola tersebut akan menerima tinta dari penampung tinta yang ada di pulpen tersebut lalu menyalurkannya ke kertas dengan bantuan gaya gravitasi dan kapiler. Itulah kenapa pena tersebut di beri nama ball point. Hasil penemuannya tersebut kemudian di patenkan di Argentina pada tanggal 10 Juni 1943 dan mempunyai merk Birome. Merk tersebut masih ada sampai sekarang.

Sejarah Perkembangan Pena

Sebelum perkembangan nya ke ball point, alat tulis atau pena mempunyai sejarah yang cukup panjang. Di beberapa ribu tahun yang lalu sebelum masehi , di yakini bahwa pena dibuat dari besi yang ditajamkan dan di tulis pada dasar logam atau batu sebagai medianya. Barulah di tahun 1000 SM pena tersebut mengalami evolusi dengan menggunakan kuas rambut dan arang sebagai tintanya, perubahan tersebut terjadi di daerah dataran cina.

Kemudian di tahun 400 SM munculah pena yang dibuat dari batang tanaman alang-alang untuk menulis di atas kertas papirus. Pena dengan jenis seperti ini bisa kita lihat di daerah Mesir . Itulah mengapa sampai sekarang pun kita masih sering melihat banyak orang di daerah tersebut masih menggunakan pena dari alang alang tersebut. Pada tahun 1828 ditemukanlah pena baja yang ditemukan John Mitchell dari Birmingham Inggris. Namun kebanyakan orang pada saat itu tidak nyaman dalam memakainya karena pemakai harus berulang ulang menyelupkan pulpen ke tinta tempat mengisinya.

Seorang kebangsaan Amerika bernama Lewis Edson Waterman pada tahun 1884 membuat pulpen dengan prinsip kerja pipa . Sehingga dengan menemuannya orang dapat menggunakan pulpen tanpa harus mencelup pena nya tersebut ke dalam tinta. Dia  juga merupakan orang yang pertama meletakkan klip pada penutup pena. Sejarah pun mencatat ada beberapa kali evolusi atau perubahan dalam bentuk dan kegunaan pena sebagai media alat tulis. Namun nama seorang Ladislao José Biro tidak akan pernah hilang didalam sejarah penemuan pena karena hasil karyanya yang masih digunakan sampai saat ini. László Bíró wafat  László  di Buenos Aires Argentina  pada tahun 1985.